Minggu, 20 April 2014

Animasi Jepang (Anime)

" Apa sih ANIME itu? "

Anime adalah istilah lain dari film animasi / kartun Jepang. Pada dasarnya, bentuk Kartun dan Anime itu sama, tetapi kebanyakan orang menggunakan kata Anime untuk menyebut film animasi buatan Jepang dan Kartun untuk menyebut film animasi non-Jepang.

Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon". (wikipedia)


Anime dibuat dari gambar Manga atau Komik khas Jepang.
Dalam perindustrian Jepang, jika sebuah Manga dapat peringkat yang tinggi dan juga menarik maka Manga tersebut akan di-serialisasi kemudian akan dibuat bentuk Anime.

Pembuat Anime disebut Animator. Untuk memproduksi sebuah animasi tidak cukup hanya seorang Animator. Tetapi diperlukan beberapa Animator yang dapat bekerja sama untuk menghasilkan suatu Anime.

"Apa sih yang bagus dari ANIME?"

Kebanyakan orang yang belum pernah menonton Anime pasti berpikir kalau Anime itu hanya gambar yang bergerak yang hanya untuk anak-anak. Padahal tidak begitu juga.
Kebanyakan penggemar Anime memilih Anime berdasarkan ceritanya. Pada setiap Anime memliki ide cerita yang berbeda-beda. Dari cerita-cerita yang terdapat di Anime memiliki nilai moral tersendiri, seperti pentingnya persahabatan, pentingnya menepati janji, saling tolong menolong dan masih banyak lagi. Terkadang sebuah Anime juga mempunyai cerita yang sulit untuk ditebak dan itu merupakan salah satu yang membuat Anime itu menarik untuk dilihat.
Selain cerita, hal yang membuat Anime banyak digemari adalah karakter / tokoh utama pada Anime tersebut. Setiap tokoh memiliki tampilan dan watak yang berbeda-beda. Tampilan dan watak yang dimiliki karakter pada Anime itulah yang membuat penggemarnya terkagum-kagum.
Selanjutnya pembuatan gambar atau animasi pada Anime juga membuatnya menarik untuk dilihat. Meskipun hanya menggunakan model 2D tapi tidak kalah dengan animasi berbentuk 3D.

 "Dampak positif dan negatif akibat nonton ANIME apa ?"

Dampak positif dari menonton Anime, kita bisa mengambil sisi positif dari ceritanya. Kita juga bisa mengambil moral-moral baik pada setiap cerita Anime. Terkadang Anime juga dapat memberikan inspirasi baru pada kita. Terutama jika kita ingin menjadi seorang Animator.
Dampak negatif dari menonton Anime, terkadang jika kita tidak bisa menyaring moral-moral yang ada maka kita bisa terpengaruh pada moral yang tidak sesuai dengan bangsa kita. Selain itu menonton anime juga hanya berupa hiburan dan akan membuang waktu. Maka dari itu jangan terlalu banyak menonton Anime!  Dan juga jangan sering menunda tugas hanya untuk menonton Anime!

Berikut tadi adalah sekilas tentang ANIME. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar